Melangkah Untuk Berhasil


 

Jatuh bangun dengan "EGRANG"

Keberhasilan hidup seseorang didapat dengan cara bertahap, tidak seperti membalikkan telapak tangan. Jatuh bangun adalah suatu tontonan yang kadang munurunkan nyali. Pandangan mesti harus diarahkan kepada keberhasilan seseorang. Mengapa seseorang berhasil ? Hal ini akan dapat menguatkan nyali, memberikan semangat dan motivasi. Coba dan mencoba lagi adalah keputusan yang tepat untuk berhasil mesti beresiko jatuh dan sebagainya alias uji nyali dan sudah menjadi fitroh manusia.

Awal manusia bisa berjalan adalah dengan merangkak dan tertatih-tatih. Dengan karuania nikmat panca indra  atau naluri dan melihat kenyataan banyak orang bisa berjalan, memberikan motivasi sehingga menjadikan seseorang bisa berjalan biarpun harus menghadapi kenyataan pahit seperti muka, kaki harus terluka karena jatuh.

Dengan melihat kenyataan ini, segala kegiatan yang dilakukan dan dalam bidang apapun akan mengalami sesuatu hambatan dan rintangan, tetapi rintangan setinggi apapun asal ada orang lain bisa melakukan maka pasti setiap orang dapat melakukan juga. Termasuk dalam hal tulis menulis.

Tulis menulis adalah suatu pekerjaan yang ringan ditinjau dari kekuatan fisik karena pekerjaan yang tidak harus mengangkat, memikul atau melempar, tetapi hanya menuangkan hasil pemikiran. Secara psikis dan mental cukup beresiko karena menulis bagaikan meramu jamu dengan dosis dan ukuran tertentu dapat membuat orang lain menjadi sehat, atau menulis bagaikan merajik bumbu untuk memasak dengan hitungan biji yang tepat sehingga makanan menjadi enak, atau bagaikan seorang pioneer dengan kemampuan membaca jejak yang memasuki hutan belantara sehingga orang lain tidak tersesat. Resiko dari kesalahan meramu jamu akan berdampak seseorang tidak sembuh dari penyakit bahkan bisa keracunan, kesalahan dari meracik bumbu berdampak masakan tidak enak sehingga menjadi percuma, kesalahan dari membaca jejak maka perjalanan menjadi tersesat.

Demikian juga dalam tulis menulis sebuah artikel, kesalahan menulis akan berdampak tulisan menjadi tidak enak dibaca, tata tulis menjadi kacau, lebih-lebih isi tulisan yang tidak tepat akan dapat memberikan persepsi yang berbeda antar orang satu dengan yang lainnya. Bahkan isi tulisan akan membuahkan dampak pada seseorang menjadi bingung, marah, fitnah dan bahkan permusuhan. Tetapi jika tulisan itu baik dalam arti tepat sasaran dan tepat waktu maka akan menjadikan pencerahan dan penyegaran bagi seeorang, seperti seseorang yang selesai makan dengan makanan yang cocok dengan selera atau habis minum jamu serta seperti orang mengikuti perjalanan jauh di hutan belantara tanpa rintangan.

Dengan mengetahui dampak yang kurang tepat akan memberikan sikap mental yang tidak baik dan enggan untuk menulis. Tulisan yang tepat dibutuhkan penguasaan dan kemampuan, yang dapat diperoleh dengan cara belajar dan berani mencoba. Selamat belajar dan mencoba….(Pairan)

One thought on “Melangkah Untuk Berhasil”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s