SUKSES UJIAN NASIONAL 2015


DSC05529Ujian Nasional 2015 bagi siswa kelas XII sudah diambang pintu. Strategi menghadapi Ujian adalah bentuk usaha atau siasat. Hal ini perlu dilakukan baik oleh sekolah, orang tua maupun siswa itu sendiri, bahkan masyarakat pun juga harus mendukung usaha itu. Strategi yang paling mendasar sukses ujian nasional adalah merubah paradigma belajar. Siapa saja bisa jadi guru, siapa saja bisa jadi siswa dan dimana saja bisa jadi kelas adalah paradigma baru yang harus di pahami dan dilaksanakan.

Seorang guru merasa senang dan bangga jika siswanya lulus sekolah bahkan menepuk dada seakan-akan mengatakan gurulah satu-satunya yang dapat mengantarkan siswanya lulus sekolah. Demikian juga masih sebagian besar siswa beranggapan bahwa untuk bisa lulus sekolah cukup mengikuti pelajaran di kelas. Anggapan seperti ini adalah merupakan paradigma lama yang harus segera berubah.

Perubahan paradigma ini disebabkan oleh perkembangan hidup manusia diberbagai sektor, yang memang manusia secara alami menuntut adanya kemudahan hidup. Kemudahan hidup ini – yang biasa orang mengatakan modern- antara lain adanaya kemudahan transportasi, kemudahan komunikasi, kemudahan informasi, dan kemudahan alat-alat dan sarana yang lain. Tetapi dengan banyaknya kemudahan-kemudahan itu masih banyak siswa, guru dan orang tua yang belum memanfaatkannya, bahkan banyak para pengambil keputusan yang belum memanfaatkan atau beranggapan dengan cara yang ada sudah cukup.

Perubahan paradigma seperti yang digulirkan oleh pemerintah melalui kurikulum 2013, yaitu siapa saja bisa jadi guru, siapa saja bisa jadi siswa dan dimana saja bisa jadi kelas, dapat disikapi oleh siswa, guru, dan orang tua melalui berbagai hal. Seperti misalnya : (1). Siswa bisa belajar atau mencari materi di Perpustakaan, (2). Browsing internet, banyak sekali materi bahan ajar yang bisa didapatkan baik dengan HP, tablet, warnet dan fasilitas internet yang lain, (3). Siswa belajar dengan tutor sebaya, (4). Siswa bisa belajar di bimbingan belajar, (5) Siswa bisa belajar di tempat atau lingkungan yang bisa digunakan sebagai sumber belajar.

Strategi kedua adalah dengan memberikan motivasi internal siswa. Banyak sekolah yang telah memberikah motivasi kepada siswanya, antara lain : (1) Mengajak siswa ke perguruan tinggi favorit, (2) Memberikan ESQ, (3) mengajak siswa untuk Outbond, (4) Mengajak siswa untuk mengadakan doa bersama, (5) Mengundang seorang motivator, (6).Siswa melakukan menandatangan Pakta Integritas, (7). Hipnoterapi, (8). Pendampingan 5 siswa 1 guru, (9) Bimbingan Khusus siswa yang lemah.

Strategi ketiga adalah kegiatan yang dilakukan oleh pihak sekolah, antara lain : (1). Percepatan materi, (2). Telaah SKL, (3). Pendalaman materi. (4). Tryout, (5). Pengelompokan siswa berdasar kemampuan, (6). Memberikan sosialisasi UN kepada Orang tua, (7). Menyiapkan papan Informasi PT.(8) Memberikan Rangkuman materi dan latihan soal.

Dengan berbagai strategi ini diharapkan siswa lebih fokus, lebih siap dan mantab dalam menghadapi Ujian Nasional 2015 dan pastikan berbunyi Click.

Selamat menempuh Ujian Nasional 2015, semoga sukses, amien.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s