Oleh : Pairan

Inovasi seorang guru sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Peserta didik akan kurang tertarik terhadap pembelajaran matematika karena guru hanya menggunakan pembelajaran konvensional, belum melibatkan media computer dan HP atau Tablet dalam proses pembelajarannya. Kurang menariknya pembelajaran menyebabkan hasil pembelajaran peserta didik masih kurang. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memberikan pengertian kepada guru, peserta didik dan bahkan orang tua peserta didik dalam melakukan pendampinga anaknya di rumah, akan pentingnya media computer dan HP atau Tablet khususnya menggunakan aplikasi untuk pembelajaran. Tulisan ini menyampaikan kemudahan-kemudahan dari media computer dengan aplikasi pembelajaran dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran dari serangkaian mata pelajaran yang mempunyai peranan penting dalam pendidikan yang tidak dapat di pisahkan dengan pelajaran yang lain. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun sampai saat ini kebanyakan orang mengatakan bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dipahami, tidak menyenangkan bahkan momok yang sangat menakutkan.

Hal ini sudah tak bisa lagi di pungkiri, dengan mendengar kata matematika saja  sudah banyak pesera didik yang ketakutan, kebingungan, bahkan bolos sekolah. Lebih di sayangkan lagi banyak peserta didik yang tidak mau bersekolah lagi, karena mereka kurang rasa percaya diri dan selalu pisimis karena tidak bisa mengikuti pelajaran matematika. Bahkan mendengar bel sekolah sebagai tanda ganti pelajaran dan pelajaran berikutnya adalah pelajaran matematika, peserta didik sudah mengkerutkan dahi tanda tidak setuju atas kehadiran gurunya. Ada apa dengan matematika?

Menurut teori perkembangan intelektual peserta didik dari piaget bahwa objek dalam pembelajaran matematika yang berupa konsep dan prinsip merupakan benda pikiran yang sifatnya abstrak dan tidak dapat diamati dengan pancaindera. Dampaknya terhadap peserta didik adalah membuat motivasi untuk belajar matematika menurun yang berpengaruh juga terhadap prestasi belajar siswa.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka dalam mempelajari suatu objek dalam pembelajaran matematika diperlukan pengalaman melalui benda nyata (konkret) yaitu alat peraga atau media yang dapat digunakan sebagai jembatan bagi peserta didik dalam berpikir abstrak. Media pembelajaran sebagai salah satu sarana yang dapat membantu peserta didik maupun guru dalam proses pembelajaran,

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat sehingga berdampak pada semua lini kehidupan, selain perkembangan teknologi yang pesat, perubahan pola pikir dan kebutuhan juga terjadi dengan cepat.  Yaitu dengan ditemukan computer dan android dengan berbagai aplikasinya. Dari sisi kepemilikan hampir semua orang sudah mengenal dan memilikinya yang namanya android dengan berbagai aplikasinya termasuk peserta didik. Tetapi dengan kepemilikan fasilitas teknologi yang terkini tetap harus diikuti dengan kemampuan dalam mengelola dan memanfaatkan teknologi tersebut dengan benar dan tepat guna. Banyak sekali aplikasi yang diciptakan bahkan berjuta-juta aplikasi menerobos di lorong-lorong kebutuhan kehidupan manusia. Dari aplikasi yang sekedar untuk hiburan, untuk komunikasi, untuk kepentingan bisnis,  sampai aplikasi yang dapat membantu dalam dibidang pendidikan khususnya untuk kepentingan pembelajaran. Untuk itu perlu selektif dalam memilih aplikasi, jangan sampai terjebak atau terbuai dengan asyiknya aplikasi yang tidak manfaat bahkan menjerumuskan, seperti kekerasan, penipuan, radikalisme, perjudian dan lain sebagainya.

Dalam memenuhi kebutuhan pendidikan berbagai aplikasi sudah diciptakan, misalnya SpeQ Mathematics, Console Calculator, GraphCalc, Calc98, Geogebra dan masih banyak lagi. Dalam pembelajaran matematika juga banyak aplikasi yang dapat diperoleh baik yang berbayar maupun yang diperoleh dengan cara gratis. Geogebra adalah salah satu aplikasi dari sekian banyak aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika, memperoleh aplikasinya mudah. Dalam perkembangannya geogebra sudah bisa dipasang di HP atau Tablet. Kemudahan inilah yang mestinya sudah harus dimanfaatkan oleh guru dalam pembelajaran matematika dan peserta didik dalam belajar matematika, bahkan sebagai orang tuapun sudah bisa melakukan pendampingan terhadap anaknya dalam belajar matematika.

Aplikasi Geogebra dengan Computer Algebra System atau sistem aljabar menggunakan komputer atau android adalah perangkat lunak yang memfasilitasi ekspresi matematika dalam bentuk simbolik seperti menyederhanakan ekspresi ke bentuk yang sederhana atau bentuk standar, substitusi simbol atau nilai ke persamaan tertentu dan sebagainya. Aplikasi ini sudah cukup akurat untuk digunakan dalam menghitung atau menentukan soal-soal yang bersifat aplikatif, cukup meng input atau meng entry soal-soal pada pada kolom algebra dengan kaidah-kaidah yang berlaku di geogebra. Materi-materi yang dapat terapkan antara lain materi perpangkatan, operasi bilangan rasional, persamaan kuadrat, persamaan rasional, pertidaksamaan rasional, system persamaan, matriks, limit bahkan turunan dan integral. Guru akan terbantu dalam menyampaikan pembelajaran yang berkaitan dengan materi-materi diatas bahkan dapat memberikan soal-saol yang variasi dengan cepat. Peserta didik juga dapat lebih yakin akan hasil pekerjaan karena sudah diseting dalam aplikasi bahkan peserta didik juga bisa menghitung dan menentukan soal-soal yang diberikan oleh guru lebih mantap dan akurat dengan menggunakan HP atau Tablet yang dipunyai.

Pada materi-materi yang membutuhkan grafik atau gambar, seperti materi Program Linear, Transformasi, berbagai fungsi, dan integral, geogebra sangat membantu dalam proses pembelajaran materi tersebut. Guru mudah dalam menggambar grafik dari kurva yang ditentukan yaitu dengan meng input persamaan kurva pada kolom algebra atau membuat langsung pada koordinat yang telah disediakan oleh aplikasi dengan cukup click ikon titik dan click pada koordina sesuai yang dikehendaki. Peserta didik juga akan lebih mudah mengikuti dan lebih memahami dibanding dengan cara menggambar yang konvensional. Ditunjang dengan tampilan gambar yang lebih menarik, lebih presisi dan bisa divariasi dengan berbagai warna. Peserta didik juga bisa melakukan sendiri dengan menggunakan androidnya sesuai soal yang diberikan oleh guru bahkan bisa mengembangkan dengan soal-saol yang lebih kompleks dan lebih cepat.

Jika pembelajaran suadah dilakukan dengan cara dan menggunakan aplikasi seperti tersebut diatas, maka proses pembelajaran akan berjalan lancar, nyaman, menarik, dan menyenangkan. Peserta didik juga akan lebih memahami, menarik dan senang dalam mengikuti pembelajaran matematika. Peserta didik akan lebih percaya diri karena dirinya bisa melakukan sendiri dengan aplikasi yang dimilikinya. Percaya diri berarti merasa nyaman, senang tanpa merasa tertekan dengan kesulitan-kesulitan soal-soal matematika yang dihadapi.

Perasaan senang dalam belajar akan membangkitkan motivasi belajar, yang selanjutnya hasil belajar akan meningkat. Jika hasil belajar matematika meningkat harapannya nilai hasil belajar juga tinggi. Sehingga terhapuslah kata-kata matematika itu sulit, matematika itu menakutkan dan bergantilah menjadi kata-kata yang indah, bahwa matematika itu mudah, menyenangkan dan bahkan matematika itu romantic yang selalu dirindukan.

Dengan sedikit uraian tentang menjadi mudahnya matematika karena perkembangan teknologi ini, kepada semua pihak untuk bersama-sama merubah pandangan dan kesan bahwa matematika itu sulit menjadi sebuah pandangan bahwa matematika itu mudah dan menyenangkan.

Dengan Menemubaling : By Pairan.

 

 

Iklan