Kenaikan Pengkat adalah sesuatu yang sangat diidam-idamkan oleh setiap orang pegawai yang bekerja di pemerintahan. Guru adalah salah satu pegawai pemerintah atau biasa disebut Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tata kerjanya diatur oleh peratuatan menteri. Guru yang dinyatakan memenuhi kulifikasi tertentu diberikan penghargaan yang berupa kenaikan pangkat.

Kriteria atau syarat kenaikan pangakat bagi guru cukup dinamis disesuaikan dengan tuntutan perkembangan jaman. Dari sekian banyak syarat salah satunya adalah adanya pengembangan diri yaitu membuat karya tulis ilmiah. Syarat ini dirasa cukup efektif oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan guru PNS melaksanakan penelitian dan membuat karya tulis. Tetapi kenyataan syarat itu menjadi penghambat dalam kenaikan pangkat bagi guru.

Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Dirasakan oleh pemerintah di mana para pegawai negeri sipil atau PNS khususnya di lingkungan Dinas  Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta, para guru khususnya dalam kenaikan pangkatnya sangat mengalami kesulitan.Maka pemerintah mengambil suatu tindakan atau solusi supaya para guru dapat meningkat pangkatnya atau memenuhi syarat dalam kenaikan pangkat.

Solusi yang diambil oleh pemerintah khususnya Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta antara lain yaitu agar semua guru melakukan atau menyusun usulan penilaian angka kredit setiap tahunnya.Tetapi dari kenyataan saat menyusun usulan penilaian angka kredit atau istilahnya usulan PAK setiap tahunnya biasanya rekomendasi dari hasil penilaian itu tertera belum bisa diusulkan untuk kenaikan pangkat. Jika dilihat dari jumlah nilai PAK nya sebagian besar sudah memenuhi jumlah angka kredit, tetapi karena tidak adanya nilai pengembangan diri maka tidak bisa diusulkan untuk kenaikan pangkat.

Dari kenyataan seperti ini sehingga dapat dicermati bahwa ketidakbisaan diusulkan kenaikan pangkat itu karena tidak adanya pengembangan diri seperti menulis karya ilmiah, penelitian, menulis artikel dan semacamnya sesuai aturan yang berlaku. Maka untuk memacu agar kegiatan guru PNS  dalam hal pengembangan diri itu perlu dicari terobosan-terobosan.

P4TK Matematika mengadakan pelatihan literasi penulisan artikel pembelajaran matematika bagi guru di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah sebuah kegiatan yang sangat membantu dalam membuat artikel dan karya ilmiah lainnya. Program kegiatan ini membantu para guru PNS supaya melakukan pengembangan diri khususnya menulis artikel untuk dinilaikan sebagai nilai pengembangan diri dalam usulan kenaikan pangkat.

Di sekolah kami pun juga melaksanakan program kegiatan menulis karya ilmiah yaitu berupa penelitian tindakan kelas sesuai apa yang diharapkan oleh pemerintah supaya guru melakukan pengembangan diri khususnya melakukan penulisan karya tulis ilmiah. Pada hari Senin dan selasa tanggal tanggal 4 sampai 5 Desember 2017 SMA Negeri 2 Playen menyelenggarakan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah. Dalam hal ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) diselenggarakan pada jam setelah pelaksanaan penilaian akhir semester 1 diselenggarakan. yaitu mulai pukul 12.30 sampai jam 16.00 dengan nara sumber dari LPMP yaitu bapak Suhardji, M.Pd  dan Bapak Dr. Sugianto

Satu metode yang sangat unik disampaikan oleh Bapak Suharji, M.Pd. Keunikan itu terletak pada penyampaian materinya. Peserta pelatihan terdiri dari  bapak ibu guru SMA Negeri 2 Bawen kurang lebih sebanyak 26 orang. Diharapkan dari 26 Orang ini dapat membuahkan hasil yaitu sebuah karya tulis berupa penelitian tindakan kelas, yang direncanakan akan dilaksanakan di semester 2 tahun pelajaran 2017-2018

Oleh pemateri Bapak Suhardi langsung terjun di tengah-tengah peserta dengan menanyakan masalah-masalah yang terjadi atau masalah-masalah yang dihadapi oleh bapak ibu guru atau peserta pelatihan. Satu persatu peserta pelatihan disuruh atau diminta untuk menyampaikan masalahnya sesuai dengan bidang studi masing-masing.

Setelah selesai semua menyampaikan masalah-masalah yang dihadapi oleh bapak ibu guru atau peserta pelatihan, kemudian peserta dibimbing untuk menuliskan di dalam kertas sebagai judul penelitian tindakan kelas. Dirasa cukup aneh oleh para peserta bentuk latihannya ada sebagian peserta yang menanyakan kok langsung tidak pakai teori. Disampaikan oleh Bapak pemateri bahwa “kita tidak perlu teori lagi karena sudah beberapa kali disampaikan teori tentang penelitian tindakan kelas”, untuk itu pada pelatihan kali ini akan segera pandu dan dibimbing langsung menyusun proposal.

Setelah peserta menuliskan judul, masing-masing langsung oleh pemateri dipandu untuk menuliskan bab 1 tentang pendahuluan. Dalam pendahuluan berisi tentang latar belakang masalah. Di dalam menuliskan latar belakang masalah, oleh pemateri paserta dibimbing untuk menyampaikan kesulitan-kesulitan saat mengajar sesuai dengan dengan judul yang dibuatnya. Kesulitan-kesulitan yang ditemukan dalam pembelajaran untuk kemudian dikemas menjadi sebuah latar belakang yang cukup masuk akal.

Kemudian setelah dibimbing membuat latar belakang masalah, peserta di minta untuk menuliskan sesuatu kondisi atau hasil yang diharapkan. Peserta cukup antusias dan cukup memakan waktu untuk bisa menemukan dan menuliskan hal-hal yang diharapkan oleh seorang guru dalam pembelajaran.

Setelah dengan asyiknya menemukan hal-hal yang diharapkan dalam pembelajaran. Dengan diselingi tanya jawab untuk memancing peserta agar menemukan kesenjangan, untuk kemudian diminta menuliskan kesenjangan dari masalah yang ditemukan dengan sesuatu yang diharapkan. Kesenjangan-kesenjangan inilah yang akan disusun menjadi identifikasi masalah atau merupakan solusi dari kesenjangan itu.

Setelah diberikan rambu-rambu tentang latar belakang masalah, berikutnya adalah diberikan rambu-rambu untuk menyusun rumusan masalah. Para peserta dibimbing untuk menentukan rumusan masalah dari apa yang dituliskan dalam judul. Kemudian yang kedua langkah-langkah yang perlu dicapai untuk sampai kepada sesuatu yang diharapkan

Setelah rumusan masalah sudah dibuat maka dipandu oleh pemateri untuk menuliskan langkah berikutnya yaitu menuliskan tujuan penelitian. Tujuan penelitian ini terdiri dari tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum diarahkan untuk bisa meningkatkan pembelajaran sesuai yang diharapkan oleh penelitian itu. Sedangkan tujuan khusus ditujukan untuk mencapai apa yang diharapkan.

Setelah peserta selesai menuliskan tujuan penelitian, dengan metode Tanya jawab, langsung dipandu menuliskan langkah berikutnya yaitu untuk menuliskan manfaat penelitian. Dijelaskan oleh pemateri bahwa manfaat ini ada dua yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis. Manfaat teoritis yaitu untuk mendapatkan teori baru tentang apa yang diharapkan sebagai dasar untuk penelitian selanjutnya sedangkan manfaat praktis yaitu manfaat bagi peserta didik bagi pendidik dan bagi sekolah.

Itulah yang disampaikan oleh pemateri dan yang dikerjakan oleh peserta pelatihan penelitian tindakan kelas di SMA 2 Playen. Diharapkan oleh pemateri bahwa hal-hal yang telah dituliskan untuk selanjutnya untuk di susun secara rinci dan runtut sebagai bab yang pertama.

Untuk selanjutnya peserta dibimbing untuk menuliskan bab yang kedua. Di dalam Bab kedua ini berisi tentang landasan teori dan pengajuan hipotesis. Landasan teori dan pengajuan hipotesis berisi uraian tentang sub judul. Landasan teori di dalam sub judul berisi tentang hasil belajar. Hasil belajar berisi tentang hakekat belajar hasil belajar.

Setelah dibimbing untuk menyusun sub judul pada landasan teori berikutnya adalah dibimbing tentang bagaimana menyusun kerangka piker. Kerangka berpikir ini terdiri dari tiga paragraph. Paragraf pertama adalah kondisi awal, paragraf kedua tindakan siklus tindakan, paragraf yang ketiga yaitu kondisi akhir.

Tidak terasa waktu sudah hampir jam 16.00, para peserta juga semakin gelisah karena harus pulang lebih malam, masih harus menyelesaikan tugas, koreksi dan urusan keluarga. Penulis sendiri juga lebih resah disamping tugas, koreksi, masih dibebani tugas on dari pelatihan literasi dari P4TK Matematika. Maka penulis berusaha memadukan kegiatan ini secara bersamaan.

Inilah tentang pelatihan penelitian tindakan kelas pada hari pertama itu hari Senin tanggal 4 Desember tahun 2017 yang diharapkan untuk bisa diteruskan di rumah untuk disusun secara rapi dan hari berikutnya untuk bisa dilanjutkan dan barangkali membutuhkan revisi besok akan dibimbing oleh pemateri.

Pada hari kedua pada hari kedua hari Selasa tanggal 4 tanggal 5 Desember 2017 dimulai tepat jam 13.00 pelatihan penulisan proposal penelitian tindakan kelas dimulai yang dibuka oleh panitia dengan berdoa menurut agama masing-masing.

Waktu selanjutnya sepenuhnya diberikan kepada pemateri atau narasumber dalam hal ini adalah Bapak Suharji, M.Pd dari LPMP Yogyakrata. Dalam pemaparan selanjutnya masih menggunakan metode langsung atau metode praktek langsung. Yaitu melanjutkan bab yang ketiga tentang metodologi penelitian.

Di dalam metodologi penelitian terdiri dari setting penelitian, prosedur penelitian, pengumpulan data, kemudian indikator kinerja dan seterusnya. Pada setting penelitian bagian-bagiannya antara lain ada subjek, ada kapan dilaksanakan dan di mana akan dilaksanakan.

Kemudian dalam Prosedur Penelitian dijelaskan tentang siklus penelitian yang terdiri dari planning, dalam planning itu disiapkan tentang RPP, ada lembar observasi siswa belajar, lembar observasi guru mengajar, kemudian juga lembar observasi pengelolaan kelas, membuat tes dan seterusnya

Dalam kegiatan kedua ini atau di hari ke-2 ini banyak dijelaskan secara rinci tentang RPP yang bersesuaian dengan pembelajaran saat dilakukan observasi, dijelaskan juga tentang menyusunan lembar observasinya, lembar tesnya dan seterusnya, sampai hampir sekitar 1 jam dalam menjelaskan secara detail. Dijelaskan juga mengenai menysunan indikator-indikator observasi dan seterusnya. Juga dijelaskan tentang  bagaimana menyusun instrumen tes dan kemudian sampai pada setelah planning yaitu melaksanakan tindakan.

Dijelaskan juga saat nanti melaksanakan tindakan, yang perlu dilaksanakan oleh guru sebagai peneliti adalah prosesnya ditulis semua seperti video tertulis, kemudian yang berikutnya adalah observasi, refleksi, teknik pengumpulan data, teknik analisis, kemudian memnentukan indikator keberhasilan. Pelatihan penelitian tindakan kelas ini disampaikan secara rinci sampai jam hampir jam 15.00. Tidak lama kemudian terdengar suara adzan Ashar hingga kami bersama teman-teman yang lain untuk segera meninggalkan latihan untuk melaksanakan sholat ashar sedangkan sebagian ada yang terus mengikuti penjelasan sambil tanya jawab.

Tidak lama kemudian datang pemateri kedua juga sebagai pembimbing yaitu bapak Dr. Sugiyanto juga dari LPMP. Bapak Sugianto menyampaikan atau menandaskan apa yang disampaikan oleh Bapak Suharji tentang penyusunan proposal penulisan penelitian tindakan kelas.Selama Bapak dokter Sugianto menyampaikan materi kami terpaksa tidak bisa mengikuti karena kami meninggalkan pelatihan untuk melaksanakan sholat ashar bersama teman-teman yang lain.

Setelah selesai solat asar kami melanjutkan mengikuti pelatihan dan mengikuti apa yang disampaikan oleh bapak Dr. Sugianto yang disampaikan antara lain tentang apa yang perlu disiapkan saat membuat laporan dan lampiran-lampiran apa saja yang perlu di sampaikan dalam penelitian tindakan kelas itu, secara rinci juga disertakan foto-foto kegiatannya sebagai bukti telah melakukan penelitian.

Rencana tindak lanjut tentang pelatihan dua hari ini nanti pada bulan Januari, untuk dilakukan checking proposal dan kesiapan yang sudah disusun oleh para peserta pelatihan. Diharapkan selama bulan desember ini atau selama liburan bahasa diharapkan  peserta sundah menyusun proposal dengan baik mencari teori-teori yang berkaitan dengan judul penelitian serta  sumber-sumber tentang penelitian tindakan kelas.

Pelatihan hari kedua ini diakhiri jam pukul 16.00. Dengan perasaan lega dan dengan kondisi badan yang sudah cukup lelah kegiatan ditutup dan peserta segera bergegas meninggalkan ruang pelatihan untuk segera pulang.

Demikian tentang kegiatan kami selama 2 hari yang dilaksanakan pada hari senin sampai dengan selasa tanggal 4 januari sampai 5 januari 2017 pelatihan dilaksanakan setelah pelaksanaan penilaian akhir semester 1 tahun pelajaran 2017-2018.

Semoga catatan ini dapat bermanfaat, terutama bagi penulis yaitu beeeelaaajaaaar meeeeenuuulis.

 Menemubaling :By Pairan

Iklan